Jumat, 01 Juni 2012

Mual Muntah, Hamilkah?



            Mual dan muntah bagi perempuan usia reproduksi selalu diidentikkan dengan kehamilan. Kenapa ya? Memang dua tanda tersebut biasa terjadi pada sebagian besar ibu hamil. Nggak semua lo!
            Mual dan muntah pada awal masa kehamilan disebabkan perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil. Perubahan hormon ini tidak hanya menyebabkan mual dan muntah saja tapi juga pusing, lemas, mudah letih, dsb. Intinya masing-masing perempuan memiliki reaksi berbeda seputar kehamilannya.
            Jika keadaan ini terus berlanjut sampai trimester dua kehamilan atau sangat parah maka disebut hiperemesis gravidarum. Keadaan ini sangat membahayakan janin mengingat pada awal pertumbuhan janin membutuhkan banyak nutrisi. Nah, bagaimana mengatasi mual-muntah tersebut?
            Keadaan ini bisa ditekan dengan mengubah sedikit pola makan yaitu makan sedikit tapi sering. Jangan makan makanan yang merangsang mual seperti makanan bersantan, berlemak, dan berkuah. Usahakan minum minuman hangat dan makan biscuit sebelum bangun tidur. Nah, kalo urusan menyediakan teh hangat di kamar tentu suami yang bergerak. Jika mual berlanjut hubungi bidan anda untuk mendapatkan obat anti mual. Ingat! Zat gizi penting untuk pertumbuhan organ bayi anda. Selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar