Minggu, 01 Juli 2012

Awas! Endometriosisi Sebabkan Infertilitas




            Memiliki keturunan merupakan dambaan bagi setiap pasangan. Namu terkadang impian ini harus kandas karena infertilitas yaitu ketika pasangan tak tak bisa memiliki keturunan karena alasan tertentu. Banyak faktor yang mempengaruhi infertilitas, salah satunya adalah endometriosis.
            Apakah anda pernah mengalami nyeri panggul saat haid? Sekitar 19% wanita yang mengalami nyeri panggul saat haid menderita endometriosis yaitu tumbuhnya kelenjar pada lapisan rahim paling dalam. Gejala lain dari endometriosis adalah dispareunia, darah prahaid berwarna coklat, benjolan kecil pada ligamentum sakrouterina, dan uterus yang retrofleksi dan sulit digerakkan.
            Lalu, bagaimana cara menanganinya? Sebagian bisa hamil dan baik-baik saja tanpa diobati, atau bisa menggunakan terapi hormonal dan pembedahan konservatif. Pengobatan hormonal harus mempertimbangkan beberapa hal seperti umur pasien, lama infertilitas, tahap penyakit, serta kehebatan keluhan. Terapi hormonal tidak menjamin kesembuhan hingga 100% dan membutuhkan waktu yang lama. Karena alasan tersebut maka terapi ini tidak dianjurkan untuk pasangan yang sudah berumur atau sudah lama infertil. Pasien tipe ini sebaiknya memilih jalan pembedahan konservatif. Yang terpenting adalah berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui penyebab dan tindakan terbaik. Jangan lupa berdoa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar