Sabtu, 08 Desember 2012

Langkah-langkah Membuat Suatu Karangan



Langkah-langkah Membuat Suatu Karangan

Untuk membuat suatu karangan yang baik diperlukan langkah-langkah sistematis. Langkah ini akan memudahkan penulis dalam mengembangkan ide serta membentengi tulisan pada satu topik tertentu.

Menentukan tema dan judul

Tema adalah pokok masalah yang dibicarakan dalam sebuah karangan. Anda harus menentukan tema yang menarik untuk ditulis. Pilihlah tema yang Anda kuasai dan mudah mendapatkan bahannya.

Setelah menentukan tema, tentukan judul karangan. Kalimat judul menyiratkan pembahasan dalam tulisan Anda. Pilih judul yang menarik pembaca dengan bahasa yang ringkas dan mudah dipahami.

Mengumpulkan bahan

Setelah menentukan tema dan judul, kini saatnya mengumpulkan bahan tulisan. Bahan tulisan bisa berasal dari buku, majalah, skripsi, hasil pengamatan, atau penelitian Anda sendiri. Semakin lengkap reverensi yang Anda miliki semakin bagus kualitas tulisan Anda.

Membuat kerangka karangan

Kadang-kadang penulis bingung dengan alur tulisannya. Untuk mengantisipasi hal tersebut, buatlah kerangka karangan. Kerangka karangan berisi pokok-pokok masalah yang akan Anda kembangkan menjadi paragraf. Kerangka karangan akan membantu Anda mengingat ide dasar yang mungkin terlupa ditengah jalan.

Mengembangkan kerangka karangan

Pengembangan kerangka karangan sesuai dengan bahan yang telah kita kumpulkan. Penggunaan bahasa dan penggabungan teori perlu dikuasai. Anda juga dapat menambahkan argumen pribadi pada tulisan dengan diikuti teori-teori yang mendasari. Untuk sementara lupakan EYD dan aturan penulisan agar ide Anda segera tertuang.

Edit

Langkah terakhir adalah mengedit tulisan Anda. Jika sebelumnya EYD dan aturan kepenulisan diabaikan, kini saatnya membenahi tulisan sesuai tata bahasa yang benar. Hal ini juga merupakan penentu kualitas tulisan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar