Jumat, 14 Maret 2014

Rahasia Sukses Perusahaan Besar Indonesia





            Kesuksesan adalah impian setiap manusia, meskipun tidak semua merasakannya. Sukses bisa diartikan secara luas, tapi kali ini kita akan mencernanya sebagai sebuah keberhasilan dalam membangun perusahaan. Untuk mencapai keberhasilan itu, mari kita petik pelajaran dari perusahaan besar di Indonesia.
PT. Nyonya Meneer
            Meskipun sekarang perusahaan jamu ini sudah meredup, namun kita perlu menengok kejayaan Nyonya Meneer yang hampir 1 abad lamanya. Pelajaran pertama yang kita ambil dari usaha Nyonya Meneer adalah menciptakan produk baru yang dibutuhkan masyarakat. Pada tahun 1919 ketika perusahaan ini berdiri, kebutuhan akan obat tradisional begitu tinggi dan belum ada yang menjualnya dalam bentuk racikan. Nyonya Meneer berani memulai hal baru ini sembari terus meningkatkan kualitas.
            Kedua, selalu inovatif. Hal ini terlihat ketika muncul dua saingan perusahaan Nyonya Meneer, yaitu Air Mancur dan Sido Muncul pada tahun 1970. Pemilik perusahaan segera menciptakan produk baru berupa pil, kapsul, produk kecantikan, dan perawatan.
PT Semen Gresik
            PT Semen Gresik yang kini berganti nama menjadi Semen Indonesia merupakan perusahaan besar yang bercakar di Indonesia. Sebenarnya, disamping semen gresik ada beberapa perusahaan semen lainnya. Tapi tidak setenar semen gresik. Apa rahasianya? Ternyata kunci suksesnya adalah menjaga kualitas. Semen gresik selalu mempertahankan kualitas meskipun angka rupiah naik atau bahkan krisis sekalipun. Hal ini dilakukan selama puluhan tahun sehingga sudah tertanam dalam masyarakat bahwa kualitas semen gresik bisa dipercaya.
PT Marta Tilaar
            Kerja keras dan pantang menyerah menjadi kunci sukses pengusaha kosmetika Indonesia, Martha Tilaar. Sejak awal bisnis kosmetika miliknya itu dibangun dengan kerja keras. Marta mempromosikan sendiri jasa salonnya kepada para wanita dengan memberikan selebaran, menawarkan langsung, bahkan mendatangi rumahnya. Satu hal yang bisa diambil pelajaran dari perjalanan karir perempuan cantik ini, yaitu promosikan jasa atau produk anda tanpa rasa malu. Percaya diri dalam promosi adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan karena sebagus apapun sebuah produk tidak akan laku bila tidak dipromosikan.
            Pelajaran lain yang bisa dipetik dari seorang Martha Tilaar adalah melayani dengan ramah. Martha menceritakan bahwa dahulu dirinya selalu mengajak bicara pelanggan salonnya dan tersenyum ramah. Inilah salah satu alasan mengapa pelanggan betah berlama-lama di salonnya.

            Ketiga perusahaan di atas merintis usaha dari bawah, bahkan dengan peralatan seadanya. Tapi, keuletan dan tekad menjadi jalan kesuksesan. Siapapun berhak untuk berhasil, termasuk anda. Tinggal apakah mau bertekad dan terus berbenah atau putus di tengah jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar