Kesuksesan adalah impian setiap
manusia, meskipun tidak semua merasakannya. Sukses bisa diartikan secara luas,
tapi kali ini kita akan mencernanya sebagai sebuah keberhasilan dalam membangun
perusahaan. Untuk mencapai keberhasilan itu, mari kita petik pelajaran dari
perusahaan besar di Indonesia.
PT. Nyonya Meneer
Meskipun sekarang perusahaan jamu
ini sudah meredup, namun kita perlu menengok kejayaan Nyonya Meneer yang hampir
1 abad lamanya. Pelajaran pertama yang kita ambil dari usaha Nyonya Meneer
adalah menciptakan produk baru yang dibutuhkan masyarakat. Pada tahun 1919
ketika perusahaan ini berdiri, kebutuhan akan obat tradisional begitu tinggi
dan belum ada yang menjualnya dalam bentuk racikan. Nyonya Meneer berani
memulai hal baru ini sembari terus meningkatkan kualitas.
Kedua, selalu inovatif. Hal ini
terlihat ketika muncul dua saingan perusahaan Nyonya Meneer, yaitu Air Mancur
dan Sido Muncul pada tahun 1970. Pemilik perusahaan segera menciptakan produk
baru berupa pil, kapsul, produk kecantikan, dan perawatan.
PT Semen Gresik
PT Semen Gresik yang kini berganti
nama menjadi Semen Indonesia merupakan perusahaan besar yang bercakar di
Indonesia. Sebenarnya, disamping semen gresik ada beberapa perusahaan semen
lainnya. Tapi tidak setenar semen gresik. Apa rahasianya? Ternyata kunci
suksesnya adalah menjaga kualitas. Semen gresik selalu mempertahankan kualitas
meskipun angka rupiah naik atau bahkan krisis sekalipun. Hal ini dilakukan
selama puluhan tahun sehingga sudah tertanam dalam masyarakat bahwa kualitas
semen gresik bisa dipercaya.
PT
Marta Tilaar
Kerja keras dan pantang menyerah
menjadi kunci sukses pengusaha kosmetika Indonesia, Martha Tilaar. Sejak awal
bisnis kosmetika miliknya itu dibangun dengan kerja keras. Marta mempromosikan
sendiri jasa salonnya kepada para wanita dengan memberikan selebaran,
menawarkan langsung, bahkan mendatangi rumahnya. Satu hal yang bisa diambil
pelajaran dari perjalanan karir perempuan cantik ini, yaitu promosikan jasa
atau produk anda tanpa rasa malu. Percaya diri dalam promosi adalah hal yang
sangat penting untuk dilakukan karena sebagus apapun sebuah produk tidak akan
laku bila tidak dipromosikan.
Pelajaran lain yang bisa dipetik
dari seorang Martha Tilaar adalah melayani dengan ramah. Martha menceritakan
bahwa dahulu dirinya selalu mengajak bicara pelanggan salonnya dan tersenyum
ramah. Inilah salah satu alasan mengapa pelanggan betah berlama-lama di
salonnya.
Ketiga perusahaan di atas merintis
usaha dari bawah, bahkan dengan peralatan seadanya. Tapi, keuletan dan tekad
menjadi jalan kesuksesan. Siapapun berhak untuk berhasil, termasuk anda.
Tinggal apakah mau bertekad dan terus berbenah atau putus di tengah jalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar