Senin, 09 Juni 2014

Agar Kulit Tetap Kenyal Hingga Tua



           

            Usia seja selalu dikaitkan dengan kulit keriput dan pudarnya kecantikan. Padahal, beberapa orang telah berhasil membuktikan bahwa kecantikan bukan hanya dimiliki saat masih muda saja, tapi juga ketika usia terus merangkak naik. Sebenarnya untuk mendapatkan kulit yang tetap segar dan kenyal hingga tua bukanlah hal yang mustahil. anda juga tidak harus mengeluarkan biaya mahal untuk perawatan di salon. Cukup dengan teknik sederhana berikut ini.

Antosianidin
            Antosianidin merupakan zat yang dapat mencegah kerusakan kolagen dari serangan radikal bebas. Perlu anda ketahui bahwa kolagen inilah yang membuat kulit menjadi kenyal dan elastis. Kolagen sendiri merupakan serabut asam amino berwarna putih yang banyak terdapat di lapisan kulit dermis. Antosianidin banyak terdapat pada buah crantberry, blueberry, dan anggur hitam.

Vitamin C
            Penuhi kebutuhan vitamin C harian dari makanan alami seperti buah, cabai dan sayur. Kekurangan vitamin C akan merusak serabut kolagen yang ada pada kulit dermis. Kebutuhan vitamin C harian manusia sehat adalah 60-80 miligram. 

Vitamin E
            Sudah sejak lama vitamin E dikenal sebagai zat anti penuaan. Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat baik dan dapat berikatan dengan oksigen dalam menghalau radikal bebas yang ditimbulakn oleh ultraviolet. Ia juga melindungi kerusakan vitamin A pada makanan. Selain itu, vitamin E telah terbukti dapat mempertahankan elastisitas dan kelembaban kulit anda. Kebutuhan vitamin E minimal dalam sehari adalah 30 mg yang diperoleh dari kedelai, tahu, tempe, serta jenis kacang-kacangan yang lainnya. Pada kenyataannya, kebanyakan wanita Indonesia masih mengonsumsi vitamin E dibawah angka tersebut. Oleh karena itu, asupan vitamin E bisa dibantu dari tokoferol sintetis dalam bentuk suplemen makanan.

Air Putih
            Semakin tua usia seseorang, maka kadar air dalam lapisan kulit semakin menurun sehingga kulit menjadi kering dan keriput. Untuk mencegahnya, perbanyak minum air putih yang dapat melembabkan kulit anda sepanjang hari.

Hindari Sinar Matahari
            Penuaan kulit memang tidak bisa dihindari secara penuh, tapi dapat diperlambat dengan menghilangkan faktor penyebabnya. Salah satu faktor yang membuat kulit anda cepat rusak adalah sinar matahari. Sinar matahari secara tidak langsung menyerap cairan melalui kulit anda. Ia juga dapat membakar kulit dan merusak elastisitas jaringan kolagen sehingga tampak mengendur. Bila seseorang terpapar sinar matahari dalam rentang waktu cukup lama, maka ia akan lebih mudah mengalami keriput. Gunakan bodylotion dengan SPF minimal 15 sebelum beraktivitas di bawah terik matahari.

           


Tidak ada komentar:

Posting Komentar