Kamis, 09 Oktober 2014

Ciri Margarin Yang Baik








Margarin dibuat dari minyak nabati, garam, dan air dengan perbandingan tertentu, kemudian diemulsikan sehingga menjadi makanan yang siap dikonsumsi. Beberapa margarin dengan brand unggul diperkaya dengan vitamin A, D, B, dan E sehingga lebih sehat. Ada juga produk margarin dapur yang hanya padat kalori tapi kurang vitamin A dan D. Nah, untuk anda yang ingin sehat, sebaiknya perhatikan ciri margarin yang baik berikut ini.
 
Tidak Terlalu Padat
 Margarin yang bagus tidak terlalu padat, tapi tidak juga lembek. Untuk mengetahuinya, coba oleskan pada sehelai roti. Bila margarin tersebut mudah merata dengan permukaan roti, berarti termasuk produk unggul. Anda juga bisa merasakan kepadatannya ketika mengambil dengan sendok. 

Mudah Meleleh
 Coba panaskan margarin tertentu di atas api sedang. Perhatikan apa yang terjadi. Margarin berkualitas akan mudah meleleh sempurna, sedangkan margarin yang buruk (terlalu padat) memerlukan waktu cukup lama untuk bisa berubah menjadi cair.  

Perhatikan Kandungan Gizi
Bacalah kandungan gizi yang tertera dalam kemasan produk. Disana dapat anda lihat nilai gizi dari masing-masing komponen. Cari margarin yang kandungan lemak jenuhnya kecil dan diperkaya vitamin. Perhatikan pula besarnya kandungan lemak esensial seperti omega 3 dan 6. 

Warna Kuning
 Margarin yang masih bagus warnanya kuning cerah dan bersih. Sedangkan margarin yang sudah kadaluarsa biasanya ada bintik-bintik putih atau hitam pada permukaannya. Margarin seperti ini juga disertai dengan bau tengik. Kembalikan atau buanglah margarin yang sudah berciri tersebut karena bila dikonsumsi bisa menimbulkan penyakit. 

 Agar margarin produk unggul tidak rusak, sebaiknya jangan melelehkan hingga mendidih. Pemanasan yang terlalu tinggi ini, bisa merusak kandungan gizi, ikatan emulsi, juga tidak bagus untuk membuat kue. Hasilnya bisa jadi kurang mengembang atau teksturnya kasar. Cara yang benar adalah melelehkan margarin pada api kecil hingga semua berubah jadi cairan, kemudian segera matikan api. Margarin sudah siap untuk dicampurkan dalam adonan roti.
           

1 komentar:

  1. Sy punya sisa margarine..tetapi sdh kadaluarsa tgl 5 maret 2017..tetapi msh bagus sampai skrng lom berbintik msh padat apa msh bs digunakan

    BalasHapus